Entri Populer

Kamis, 06 Oktober 2011

tugas Sosiologi kelas XII







STUDY PENELITIAN SOSIOLOGI TENTANG
KEWIRAUSAHAAN ALA REMAJA
Makalah ini di ajukan guna memenuhi nilai akhir Mata pelajaran Sosiologi SEMESTER 6

Disusun Oleh:
1. Sahal Sihabudin
2. Muhammad Irfan Nugraha
KELAS XII IPS 1 SEMESTER 6

SMA NEGERI 1 BANJAR
Jl. K.H Mustafa No.1 Telp/FAX: (0265)741192, Kota Banjar-46311

















BAGIAN I
PENDAHULUAN












LEMBAR PENGESAHAN

Makalah ini di ajukan dan di sahkan pada :

            Hari                 :

            Tanggal           :

            Tempat            :

Adapun dalam penyusunannya, makalah ini di bimbing dan di setujui oleh :



Mengetahui,


Guru Mata Pelajaran Sosiologi                                                               Wali Kelas XII IPS 1




Haris Fauzi, S. Sos                                                                    Dewi Lilis Nuraeni, S.pd
NIP: 19740224 200501 1 010                                                           NIP: 19660610 198903 2 009           



Menyetujui,

Kepala SMA Negeri 1 Banjar





Dra. Nuraini Pudjiastuti, M.Pd
Pangkat : Pembina Tk. 1
NIP: 19550204 198103 2 003



i




KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Karena atas rahmat dan ridho-Nya kami dapat menyelesaikan karya tulis ini dengan rasa penuh tanggung jawab.

Dalam karya tulis ini pengkajian dilakukan terhadap kehidupan, khususnya kaula muda dan remaja yang penuh dengan kreativitas dan mampu bersaing dengan cara berwirausaha sehingga menarik minat kami untuk meneliti ke kreativan itu dan menjadikan bahan kajian dalam tugas ini.
Dan sepatutnya kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah mendukung dan ikut serta demi kelancaran penyusunan karya tulis ini baik itu secara moril maupun materil.
Selain itu, kami merasa dalam penyusunan karya tulis inimasih banyak sekali kekurangan dan kesalahan. Untuk itu kami mengharapkan saran dan kritik dari para pembaca agar kelak makalah ini dapat lebih sempurna.

Dan juga mudah-mudahan makalah ini dapat berguna dan bermanfaat dalam segi pendidikan dan pengetahuan. Amin ya roball’alamin. . .





Banjar, Februari 2011
Penulis.













 


ii




DAFTAR ISI


BAGIAN I PENDAHULUAN
o   LEMBAR PENGESAHAN…………………………………………………….      i
o   KATA PENGANTAR………………………………………………………….      ii
o   DAFTAR ISI……………………………………………………………………      iii

BAGIAN II PEMBAHASAN
o   BAB I PENDAHULUAN………………………………………………   ………     1
I.1 Latar Belakang Masalah……………………………………………    ……..      1
I.2 Rumusan Masalah…………………………………………………………...      1
I.3 Tujuan Penelitian…………………………………………………        ……       1
I.4 Manfaat Penelitian…………………………………………………………..      2
I.5 Hipotesis……………………………………………………………  …….       2
I.6 Metode Penelitian…………………………………………………………...      2
I.7 Populasi dan Sampel………………………………………………………...      2
I.8 Sistematika Penulisan……………………………………………………….       2
o   BAB II TINJAUAN KEPUSTAKAAN……………………………...…………...    4
II.1 Kajian Teori yang Relevan…………………………………………………       4
II.2 Kajian Hasil Penelitian yang Relevan……………………………..………...       4
o   BAB III PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN……………………....………...    5
III.1 Deskripsi Subjek Penelitian……………………………………………….       5
III.2 Deskripsi Objek Penelitian………………………………………………..       5
III.3 Kajian Hasil Penelitian…………………………………………… ………       5
o   BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN……………………………     ……...….     8
IV.1 Kesimpulan………………………………………………………………..       8
IV.2 Saran……………………………………………………………   ………       8

BAGIAN III AKHIR
o   PENUTUP…………………………………………………………… …………      9
o   DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………  ………..      10
o   LAMPIRAN………………………………………………………… ………….      11
-Daftar Pertanyaan…………………………………………………    …………      11










iii











BAGIAN II
PEMBAHASAN














BAB I
 PENDAHULUAN


I.1 LATAR BELAKANG

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin berkembangnya kemajuan yang di ikuti era globalisasi yang terus menerus bersaing tanpa henti. Juga semakin menyempitnya lapangan pekerjaan juga pergantiannya industry-industri yang semula adalah industry padat karya kini seiring majunya era modernisasi maka berubah menjadi industry padat modal yang pada akhirnya mempersulit pekerjaan khususnya bagi kaum menegah ke bawah dengan tingkat pendidikan yang rendah karena semakin mahalnya pendidikan untuk tingkat lanjutan sehingga banyak para kaula muda serta remaja yang tidak melanjutkan pendidikan dan beralih profesi menjadi pengangguran. Selaim itu, yang  lebih buruknya lagi kini semakin meluasnya tingkat kriminalitas yang mendominasi pelakunya khususnya kaula muda serta remaja.
Akan tetapi di dalam kondisi zaman yang semakin ekstreem, tidak semua kaula muda dan remaja identik dengan kriminalitas yang mengusik masyarakat dan menggangu ketertiban umum, akan tetapi ada juga para kaula muda dan remaja yang berani bangkit, mau bersaing, berpacu seiring majunya zaman, mengembangkan potensi yang dimiliki kearah lebih baik, membuka diri dan mengeluarkan ide-ide kreativ dan di tuangkan melalui kreasi mereka, bisnis mereka, dan kreativitas mereka yang berguna dan memiliki nilai jual bagi masyarakat di tengah maraknya persaingan dan melambungnya tingkat perekonomian nasional.
Begitu banyak cara yang diracik sedemikian rupa oleh para kaula muda dan remaja dengan ide-ide kreativnya, dan salah satunya yang akan kami bahas, yakni “Berwirausaha ala Remaja”.
Banyak ide-ide kreativ yang mereka miliki, kemudian di kembangkan dan jadilah sesuatu yang berguna dan di minati banyak orang.
Memang, berwirausaha sendiri tidaklah semudah membalikan tangan. Perlu kerja keras pemikiran yang ulet serta strategi yang jitu sehingga produk yang di tawarkan banyak peminatnya, memenuhi standar masyarakat dan laku di pasaran adalah sebuah hal yang patut di pikirkan oleh para wirausahawan.
Selain itu mereka juga bisa membuka lapangan pekerjaan, membuka cabang, bahkan mengembangkan perusahaannya menjadi perusahaan yang besar. Dan itu semua tergantung dari tingkat Sumber Daya Manusia yang di miliki.
            Untuk itu mari kita menjadi orang yang terampil dan juga wirausahawan remaja akan mampu melahirkan inovasi-inovasi yang mampu bersaing dan mampu memenuhi kebutuhan khalayak, seiring masa mereka yang masih aktiv untuk berproduksi.





1

I.2 RUMUSAN MASALAH

I.2.1. Apa saja barang yang bisa di jadikan sehingga menjadi bahan wirausaha oleh para  
remaja?!
I.2.2. Bagaimana cara mereka menjual sehingga laku di pasaran dan banyak diminati ??
I.2.3. Darimana mereka mendapat modal awal ??
I.2.4. Berapa keuntungan mereka per-hari dari barang yang mereka jual ??
I.2.5. Apakah ada kesulitan saat berwirausaha dengan barang yang mereka jual ??
Jika ada, apa itu ?? jelaskan.
I.2.6. Bagaimana promo yang dilakukan supaya barang yang di jual bisa banyak
peminatnya??
I.2.7. Ketika ada produk lain yang kemudian menjadi pesaing, apa yang di lakukan?!


I.3 TUJUAN PENELITIAN

            I.3.1. Ingin mengetahui produk dan perusahaan apa saja yang biasa di jadikan sebagai
bisnis dan berwirausaha.
            I.3.2. Ingin mengetahui bagaimana cara berwirausaha yang sukses khususnya bagi para
remaja.
I.3.3. Apa modal utama dalam berwirausaha.
I.3.4. Ingin mengetahui kesulitan apa saja yang di hadapi dalam berwirausaha.
I.3.5. Ingin mengetahui target serta sasaran yang harus di capai??
I.3.6. Ingin mengetahui dimana sajakah yang bisa di jadikan tempat atau pendirian toko
sehingga letaknya tidak salah dan banyak peminatnya.
I.3.7. Apa yang menjadi prinsip dan prioritas perusahaan tersebut.


















2
1.4 MANFAAT PENELITIAN

1.4.1 Siswa dapat mengetahui jenis-jenis usaha yang biasa di jadikan para remaja sebagai bentuk    kreatifitas mereka.
1.4.2 Siswa dapat mengetahui letak perusahaan itu dimana, sehingga bisa melihat langsung.
1.4.3 Siswa bisa mengetahui berapa modal awal perusahaan tersebut, dan berapa pula penghasilannya per-bulan.
1.4.4 Siswa dapat belajar tentang apa yang di peroleh.
1.4.5 Selain itu, siswa pula dapat memperaktekan dan membuka apa yang di contohkan sehingga bisa berwirausaha secara mandiri.
1.4.6 Dan juga siswa dapat mengembangkan apa yang ingin mereka dan laying untuk bersaing.


1.5 HIPOTESIS

1.5.1 Kewirausahaan yang banyak dan terdapat di masyarakat pada umumnya.
1.5.2 Remaja yang pada umumnya di ketahui karena kenakalannya, ternyata mampu berkreativ   sehingga mampu menghasilkan  penghasilan (wirausaha) dan mengurangi tingkat pengangguran.
1.5.3 Meskipun pada dasarnya berwirausaha merupakan hal yang memerlukan modal besar, tetapi sekarang tidak demikian. Banyak usaha-usaha yang bermula dari modal kecil dan mendapatkan untung besar.
1.5.4 Selain itu, terdapat pula rincian-rincian dana serta modal untuk berwirausaha khususnya yang bisa di kalangan remaja.


1.6  METODE PENELITIAN

           Adapun dalam melaksanakan penelitian  ini kami melakukan penelitian berupa observasi, yakni  dengan mendatangi (survey) ke objek yang hendak di teliti. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang di laksanakan adalah dengan cara pengisian angket yang telah di sediakan serta melakukan wawancara langsung kepada narasumber.


1.7 POPULASI DAN SAMPLE
                                                                     
            Populasi adalah sejumlah individu atau subjek yang terdapat dalam kelompok tertentu yang di jadikan sumber-sumber data yang berbeda dalam daerah yang jelas batas-batasnya, mempunyai kualitas yang unik serta memiliki keseragaman elat-ciri di dalamnya dapat di ukur secara kuantitatif untuk memperoleh kesimpulan dalam penelitian.
Sedangkan sample adalah bagian populasi yang di pilih untuk penelitian yang karakteristiknya di anggap mewakili seluruh populasi.
            Dalam penelitian ini, kelompok kami menggunakan teknik pengambilan sample simple random sampling dimana kami menggunakan sample acak dan sederhana.

                                                                        3
BAB II
PEMBAHASAN JENIS USAHA

Studio Foto dan Cetak Foto dengan Untung Besar

Peluang usaha memang selalu ada. Contohnya dengan makin maraknya HP berkamera yang dijual dengan harga murah, menjadikan trend dikalangan remaja, ini bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan bila kita pandai memanfaatkan momen ini, seperti dengan membuka Studio Photo kecil-kecilan, memanfaatkan elative, kamera digital poket dan printer photo. Memang saat ini sudah banyak tempat yang menawarkan cetak photo seperti ini, tapi biasanya mereka kurang konsisten dan kurang peka terhadap kebutuhan pasar, biasanya hanya dijadikan sebagai usaha pelengkap di ela yang menjual Pulsa & HP.

menawarkan paket photo hemat alias murah, yaitu di PHOTO+Cetak 2R hanya 1.000,- dengan trik seperti ini ternyata menarik kalangan konsumen menegah bawah, seperti anak-anak, remaja dan orang tua yang ingin mengabadikan photo anaknya, karena dengan harganya yang 1000 rupiah terkesan murah meriah. Akan tetapi kenyataannya 1 orang konsumen minimal 4 – 6 x photo, elative murah tadi, “jadi mumpung harganya murah dan mumpung di studio” kata konsumen.

Selain menawarkan paket hemat photo Rp. 1.000,- dan PAS PHOTO Rp.5.000,- langsung jadi , jenis usaha ini juga menerima cetak dari HP, kamera, Flashdisk dll, dan ini juga menarik minat konsumen karena dengan lebel nama STUDIO PHOTO, terkesan usaha cetak photo mini ini spesialis dalam mencetak photo, ditambah dengan berbagai vareasi Frame yang bagus sehingga mereka lebih percaya ketimbang mencetak di konter HP.
Untuk bisa memulai usaha ini tidaklah rumit, hanya tinggal belajar sedikit mengoprasikan program photo editing, dengan memberikan vareasi / frame pada photo yang akan dicetak.







ANALISIS PELUANG USAHA

INVESTARI AWAL
· 1 Set Komputer Pentium 4 Rp. 4.000.000,-
· Kamera Digital Poket Rp. 1.000.000,-
· Priter Photo Rp. 1.600.000,-
· Alat Trasfer dari HP/Kamera Dgtl Rp. 400.000,-
· Partisi Tempat dan Background Rp. 1.000.000,-
· Fee Pelatihan dan Manajement Rp. 2.000.000,-
· Total Biaya INVESTASI Rp. 10.000.000,-

BIAYA OPERASIONAL / BULAN
· Tinta Printer 1 set Rp. 150.000,-
· Kertas Photo ukrn A4 300lbr Rp. 250.000,-
· Listrik Rp. 50.000,-
· Total Biaya Operasional Rp. 450.000,-

PENDAPATAN / BULAN
1 lbr A4 = 12 lbr ukrn 2R, Harga Jual ukrn 2R Rp. 1.000
12 x Rp. 1.000 = Rp. 12.000,-
Jadi Kalo 1 hari bisa menjual 10 lbr A4 = Rp. 120.000/hari
30 hari x Rp. 120.000,- = Rp. 3.600.000,- / bulan

KEUNTUNGAN TIAP BULAN
Pendapatan Bulanan – Biaya Operasional
Rp. 3.600.000 – Rp. 450.000 = Rp. 3.150.000,-

LAMA KEMBALI MODAL
Biaya INVESTASI : Keuntungan bulanan
10.000.000 : 3.150.000 = 3,5 bulan

Jadi, bukan masalah besar lagi bukan jika ingin membuka usaha sendiri dengan bermodalkan peralatan dan kemampuan yang sederhana?? Apapun bisa di lakukan asalkan kita mau dan ulet dalam berbisnis maupun dalam berwirausaha.






Bisnis Kaos Distro dengan Modal KURANG DARI SATU JUTA


Dengan modal hanya Rp. 650.000, – plus ongkos kirim, Anda langsung mendapatkan 10 kaos After Image Distro berkualitas dengan berbagai jenis yang Anda inginkan, yaitu Anda bisa memilih kaos Naruto, L DeathNote, Gaara, hingga Hitsugaya Bleach. Untuk umum kami menjual kaos dengan banderol @ Rp. 75.000 plus ongkos kirim, dan kami menyasar market ABG, Mahasiswa, hingga usia 25 tahun sebab motif sablon kaos kami tidak kekanak-kanakan. Anda dapat menjual kaos kami hingga Rp.90.000 atau lebih, sesuai pasaran harga kaos distro di sekitar daerah Anda. Di email ini telah kami sertakan file brosur koleksi terbaru kami, jika tidak ada dalam email ini silakan reply bila berminat mendapatkan file brosur kami.

Berikut proyeksi keuntungan secara sederhana:
@ 65.000, 10 kaos:
modal: 650.000 + ongkos kirim
penjualan: 900.000 (jika Anda jual @ 90.000)
untung: 250.000 – ongkos kirim
jika Anda memesan lebih dari 10 kaos tetap @ 65.000, pemesanan di atas 100 kaos @ 60.000 (belum termasuk ongkos kirim).
Belum lagi untuk barang-barang yang lain. Seperti assesoris, sandal, dan aneka macam tas dengan berbagai motiv dan ukuran yang bisa di pesan dan di kirim langsung.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami langsung via email atau sms/telepon 0857 300 003 99 (Rahmat).

                                                                                   










Bikin WARNET Plus Perawatan KOMPUTER
Bagi anda yang lagi bingung mau bikin warnet. Sebenarnya, bikin warnet tuh ga segampang yang kita bayangin selain itu kita harus siap modal yang cukup gede juga.
Mereka ini adalah ahlinya bikin warnet dan segala sesuatu yang berhubungan sama warnet, sesuai dengan nama website mereka. Untuk pembuatan warnet dengan 10 Client harganya sekitar Rp 30. 000.000,00 untuk elative Pentium IV Second dan Rp 50.000.000,00 untuk elative Dual Core baru. Untuk info lebih detailnya kamu bisa langsung baca artikelnya tentang pembuatan warnet 10 client.
Selain menawarkan jasa pembuatan warnet, mereka juga menawarkan jasa perawatan warnet. Jadi, ini merupakan kabar gembira baik bagi calon pemilik warnet maupun sang pemilik warnet yang lagi kebingungan cari jasa perawatan warnet.






















Salon dan Bengkel Mobil: Kalau Modal Anda Terbatas

Usaha bengkel mobil maupun salon mobil, lazimnya memang memiliki sebuah tempat atau bengkel kerja. Akan lebih baik lagi jika bengkel kerja ini berada pada tempat yang strategis, sehingga orang-orang bisa melihat proses dan hasil kerjanya. Semakin ramai bengkelnya, semakin menarik hati orang untuk menggunakan jasa salon mobil Anda.
Tempat yang strategis memang akan sangat membantu pemasaran usaha salon mobil Anda. Namun dengan modal yang terbatas, hal ini menjadi masalah karena tidak tersedianya cukup dana untuk memiliki atau menyewa tempat yang strategis. Mahalnya sewa tempat, memang menjadi kendala jika modal Anda terbatas. Beberapa tempat yang strategis sebenarnya bisa dikuasai dengan berbagai macam cara antaralain:

Dengan Cara Kontrak

Dengan modal minim, tentu kita belum bisa membeli tempat tersebut, namun Anda masih bisa mengontraknya. Usahakan agar Anda bisa mengontraknya untuk waktu 2-3 tahun sekaligus, tetapi Anda harus perhitungkan dalam cara-cara pembayarannya. Misalnya, bayarlah dulu langsung untuk satu tahun. Sedangkan untuk tahun berikutnya, minta waktu tiga atau empat bulan mendatang. Hal itu merupakan keringanan yang cukup besar. Apalagi jika usaha salon mobil Anda langsung bisa operasional.
Dengan demikian, hasil keuntungannya bisa untuk tambah-tambah membayar sewa tempat.

Dengan Cara Kompromi

Jika Anda tidak mampu mengontraknya per tahun, maka berkompromilah dengan pemilik tempat agar Anda bisa membayar secara bulanan. Nyatakan bahwa Anda mungkin akan membayar lebih besar dalam hitungan per tahun, tetapi (sementara) pembayaran per bulan. Biasanya pemilik akan senang mendapat pembayaran lebih besar, sedangkan Anda lebih memperoleh keringanan karena membayar secara per bulan.

Dengan Cara Kerjasama

Kerjasama yang Anda tawarkan kepada pemilik tempat adalah dengan pembagian keuntungan. Anda juga bisa membuat kesepakatan berapa persen hak pemilik tempat, dan berapa persen hak Anda. Misalnya 70% untuk Anda dan 30% untuk pemilik tempat. Namun sebaiknya, dalam kerjasama tersebut pengelolaan usaha harus ada pada Anda. Artinya, Anda adalah pemilik perusahaan sedangkan pemilik rumah atau tempat usaha adalah partner usaha Anda

Bisa saja jika Anda ingin berkonsentrasi pada layanan panggilan ke rumah, namun sebaiknya juga sambil menawarkan jasa yang lain yang berkaitan dengan salon mobil tersebut. Sehingga semakin banyak variasi jasa yang ditawarkan, semakin memenuhi kebutuhan orang yang bermacam-macam terhadap perawatan mobilnya. Anda juga bisa menawarkan program paket hemat, diskon, atau layanan khusus untuk para langganan. Cara-cara promosi yang kreatif serta kualitas pelayanan jasa tentunya akan sangat membantu menjaga kesetiaan para pelanggan. Harapannya, dari pelanggan yang puas dengan jasa salon mobil Anda, nantinya akan mempromosikan salon mobil kepada orang lain.

Adapun usaha cuci mocil dan cuci motor yang bisa di lakukan. Berikut rinciannya:
Harga:
Rp. 4.200.000,-
Keterangan:
Usaha Bengkel Cuci Motor,  modal mulai 4,  2 Jt+ Paket Bengkel Cuci Motor : Rp. 4.200.000,-

• 1 unit Multipro Air Compressor BC-125-DMBW

• 1 unit Multipro High Pressure Cleaner HPW 710-MP 1 Selang 1 Gun ( Electric )

• 1 unit Tabung Snow Wash kap.20.Ltr Stainless Steel

• 5 Ltr Semir Ban

• 50 Ltr Shampo Ice Cream

• 3 Pcs Kain Lap ZR








Menilik Peluang Usaha Bengkel Motor

bengkel motorMakin hari penambahan populasi kendaraan bermotor makin meningkat. Bahkan hampir setiap orang punya dan membutuhkan sepeda motor. Kepadatan aktivitas di jalan menuntut kenyamanan untuk itu kendaraan yang dipakai harus selalu dalam keadaan baik. Agar kendaraan selalu dalam keadaan baik maka diperlukan perawatan dan service berkala bahkan diperlukan juga perbaikan-perbaikan bagian yang rusak, untuk itu sangat dibutuhkan jasa bengkel motor. Kondisi seperti inilah yang harus Anda manfaatkan sebagai peluang usaha.Usaha bengkel motor memang menjanjikan, mengingat pengguna sepeda motor semakin banyak jumlahnya. Hal ini terbukti dari meningkatnya produksi sepeda motor pertahun. Lalu di antara bengkel motor umum yang menerima servis mesin berbagi merek maupun modifikasi, bengkel kemitraan yang menjalin kerja sama dengan pihak ATPM, dan bengkel khusus modifikasi mana yang menguntungkan??
Kebutuhan servis bagi sepeda motor menjadi kebutuhan rutin yang harus dilakukan oleh penggunanya. Tak ayal, bengkel motorpun tumbuh menjamur hingga kawasan daerah pelosok.
Bengkel Umum Lebih Banyak. Jumlah bengkel kemitraan memang kalah banyak, mengingat bengkel umum lebih gampang persyaratannya dan lebih mudah pendiriannya. Prospeknya akan tetap bagus karena karena penjualan motor juga meningkat tiap tahunnya hingga keberadaan bengkel resmi pun amat diperlukan . Selanjutnya,  mari menilik peluang usaha bengkel motor.
Modal Usaha. Untuk membuka bengkel motor umum modalnya lebih kecil di bandingkan membuka bengkel kemitraan, sehingga paling cocok bagi pemula usaha ini. Usaha dimulai dari bengkel umum dengan modal Rp 20 juta. Dari modal sebesar itu Rp 5 juta di gunakan untuk membeli kompresor dan peralatan bengkel. Sisanya untuk stock sparepart dan aksesoris yang bersifat fast-moving sparepart.
Sedangkan modal bengkel kemitraan jauh lebih besar meskipun tidak menggunakan elati royaliti fee kepada pemilik bengkel dengan kisaran modal minimal 60 juta. Calon pemilik usaha ini memang lebih cocok bagi yang memiliki modal besar. Meskipun begitu ada juga yang di sebut bengkel kemitraan dari Yamaha yang fee modal, hanya menyediakan tempat bisa kontrak dan pembelian sparepart saja, yang saat ini hanya berlaku di Banten dan Bogor.
Pemasaran. Untuk menarik minat konsumen elati ke bengkel motor bisa dilakuakn lewat pembagian brosur, pamphlet, dan servis gratis saat awal buka usaha. Bila bengkel sepi kemungkinan yang terjadi adalah salah pemetaan dalam memperhatikan permintaan ( jumlah motor ) di daerah tersebut atau lokasi yang kurang tepat. Sebaiknya di lingkungan perusahaan karena orang ingin dekat saat servis , jalan utama atau elative atau jalan utama orang menuju kantor atau tempat kerjanya.
Bagi bengkel umum modifikasi sebaiknya jemput bola dengan mendekati kalangan komunitas atau ikut mailing list lewat internet. Selain itu karyawan dan pemilik bengkel harus menerapkan pola kejujuran.  Kalau kita bisa tangani kita bilang iya dan beri tahu kondisi motor tersebut kepada pemiliknya serta penyebab kerusakan sehingga kepercayaan muncul dan image bagus.
Persaingan cukup ketat terutama antara bengkel umum. Sehingga pelaku usaha bengkel umum harus menjaga kualitas, kepercayaan, loyalitas dan kedekatan dengan konsumen. Sedangkan persainagan antar bengkel resmi ATPM tidak terlalau berkaitan dengan operasional bengkel, Hal ini di karenakan memang tidak terjadi “Benturan Pasar”mengingat masing-masing telah memiliki pasar dan pelanggan sendiri.
Produk tersebut ada yang fungsinya penghemat BBM seperti MNS DC Booster hemat 15% Hyidrogen Power Server juga hemat bensin 47,5% peningkat perpomence agar motor lebih kencang, dan sebagainya. Ada juga yang mengembangkan elati franchise untuk Auto Clinik Dysha Motorsport (ACDMS) dengan modal terjangkau . Membayar lisensi fee Rp 5 Juta saja pertahun untuk pemakain nama ACDMS, atau bila ingin menambah elati basic berupa administrasi dari spanduk sampai training mekanik dikenakan modal Rp 15 juta tanpa elativ fee, bila ingin membeli alat dan sparepart dari ACDMS di tambah lagi modal Rp 5-15 juta.
Keuntungan. Dari berbagi jenis bengkel tersebut, keuntungan servis terbesar adalah modifikasi misalnya modifikasi costum body bahan fiber dari motor bebek jadi motor Trail bisa mematok Rp 1,5-2 juta, padahal harga untuk pengerjaan hanya Rp 500 ribu atau keuntungan sekitar 67% . Hal ini karena hasil modifikasi tergantung kepuasan konsumen.
Kendala. Untuk tenaga mekanik yang handal masih menjadi kendala bagi pelaku usaha bengkel motor, juga bila ada konsumen yang elative, sehingga solusinya dengan mendengarkan keluhan konsumen dan bisa juga menerapkan elati garansi dalam pengerjaan.
Bagi pemula usaha bengkel juga tidak memiliki keahlian khusus asalkan memiliki mekanik yang ahli yang bisa di peroleh dari lulusan SMK dan juga kursus sepeda motor. Jadi anda bisa memilih kategori bengkel apa yang ingi di buka sesuai dengan modal anda, bila modal kecil sebaiknya pilih bengkel umum servis mesin motor lebih dahulu.









Usaha Rental Studio Band


Buat para wirausaha di bidang music, bisa di lakukan usaha rental band. Karena saat ini tengah menjamur studio-studio yang berkisar. Harganya pun berkisar dari yang harganya Rp. 20.000,-/jam dan ada juga yang mencapai Rp. 40.000,-/jamnya. Itu semua tergantung dari tempat, suasana, dan alat music yang di Rentalkan.
Belum lagi apabila di studio band itu memiliki dan melayani recording baik secara live maupun secara mixing/track yang pasti bisa mendapatkan untung besar di setiap recordingnya.
Untuk alat music terdapat beberapa variasi harga yang ada saat ini. Tergantung dari kualitas alat musiknya itu. Berikut rinciannya.
1.      Untuk yang paket studio harganya berkisar antara 8-10 jutaan. Yang terdiri dari 1 drum,2 gitar, 1 bass, 1 efek, dan 2 ampli. Untuk Peredam suara gunakan karpet dulu. Karpet yang murah yang polos. Tapi ini tergantung luas ruangan. Kurang lebih ya paling antara 2 jutaan.
2.      Untuk yang kualitasnya lumayan oke, harganya bisa mencapai 35-50 jutaan. Selain alat-alat music yang lumayan bagus, juga luas ruangan yang lumayan luas dan soundsystem beserta amplifirenya lumayan lengkap. Juga untuk peredam suara yang bagus membuat nyaman para konsumen.
Tergantung ukuran kelas studio-nya: ibaratnya kalau VIP harganya 50 jt ke atas, kalau yang sedang 35jt juga sudah bagus, tapi kalau yang biasa-biasa saja 20 juta sudah lumayan bagus, pertimbangannya kekuatan alat elat tersebut, semakin mahal ya semakin kuat, kwalitas suara yang di hasilkan juga semakin bagus, tapi kalo yang biasa-biasa saja. Terus karena untuk di rentalkan kebanyakan orang cari studio yang nyaman, alat bagus, harga sewa elative murah.

Permasalahan Ketika hendak membuat studio music, biasanya yang jadi kendala adalah modal yang pas-pasan. Sehingga studio yang di buat juga hasilnya seadanya.
Kritik dan saran kalau mau buat studio yang bagus sekalian saja, trus jangan lupa buka  studio recoding digital, yang bisa merecording secara live maupun mixing/track dan itu  justru penghasilannya besar di recording. Intinya usaha ini harus update alat elat terbaru.





Choco Latte Franchise – Peluang Bisnis Cafe Modal Kecil

“Choco Latte Now Licensed!”

Sekarang Anda bisa ikut mendapat keuntungan dengan membuka usaha cafe Choco Latte dengan konsep take away / dine in.


Kafe ini bisa dijalankan di sebuah tenda (kita beli/sewa) di pinggir jalan, atau di ruang garasi, atau di kios kontrakan. Sebaiknya lokasinya strategis, tempat dilewati banyak orang atau lalu lalang kendaraan.
Berikutnya modal peralatan yang kita butuhkan adalah: meja kursi untuk pembeli, perkakas dapur untuk olah masakan, dll. Untuk penyajian cukup di sebuah gelas besar yang tahan es. Sedangkan untuk berjualan, kita butuhkan 3 bak kaca bersih yang lumayan besar (ukuran sekitar 40cmx30cmx40cm) untuk wadah dagangan utama kita. Bak pertama diisi dengan es alpukat, bak kedua diisi dengan es campur (campuran nanas, nangka, elati, cendol atau rumput laut), bak ketiga es kelapa muda. Untuk penambah rasa, siapkan sirop dan susu kaleng putih/coklat. Oh ya, sebagai pemanis utama, jangan gunakan gula sintetis, pakai saja gula pasir asli.

Sasaran usaha: masyarakat yang sedang kehausan atau cari tempat tongkrongan atau pingin mampir.
Cara promosi : pasang spanduk besar di depan/atas tenda, pakai bahasa provokatif !!! elati: Kafe Tenda  Es Tiga Rasa, Pakai Gula Asli Lho!

Dengan penjualan rata-rata 50 cup per hari, Anda dapat memperoleh keuntungan 2-4jt/bulan. Dengan penjualan rata-rata 75 cup per hari, Anda dapat memperoleh 5-8jt/bln. Bayangkan bila penjualannya lebih dari itu.

Sistem bisnis cafe choco latte dibuat sedemikian rupa agar keterlibatan waktu pemilik minimal, sehingga Anda dapat membuka beberapa cafe choco latte. Bayangkan berapa besar potensi penghasilan Anda dari jaringan cafe choco latte yang Anda miliki.

 

KEUNTUNGAN YANG DIDAPAT:

  • Investasi elative kecil
  • License fee ringan
  • Cepat balik modal (Quick Return on Investment)
  • Cash flow harian begitu outlet Anda mulai beroperasi
  • Profitability yang telah terbukti
  • Sistem usaha yang sederhana dan telah terbukti berhasil
  • Mudah dikelola, tidak dibutuhkan keahlian dan pengalaman usaha
  • Sedikit keterlibatan waktu, cocok untuk Anda yang sibuk
  • Potensi pertumbuhan yang luar biasa, bisa membuka lebih dari satu outlet.
  • Pangsa pasar yang besar, stabil, dan langgeng
  • Birokrasi sederhana (dibandingkan franchise)
  • Mempunyai bisnis milik Anda sendiri
  • Proteksi wilayah outlet
  • Tidak butuh tempat usaha yang besar
  • Tidak membutuhkan banyak karyawan
  • Tidak membutuhkan karyawan dengan keahlian khusus
  • Program Licensee Get Licensee
  • Kesempatan menjadi Master License













BAB III
HASIL PENELITIAN


1.      Apa sajakah jenis usaha yang bisa di lakukan oleh para remaja?

Jawab:
Jenis usaha yang bisa di lakukan oleh para remaja yakni usaha-usaha yang pada umumnya bermodal kecil, tetapi dengan sendirinya berkembang hingga menjadi usaha yang berpenghasilan besar. Juga jenis usahanya mudah di lakukan dan menarik konsumen untuk membelinya. Kreativitas sangat penting dalam berwirausaha ini.

2.      Sebagai seorang remaja, mengapa mereka mengambil bisnis wirausaha sebagai mata pencahariannya?

Jawab:
Pada dasarnya manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan untuk hidupnya. Kebutuhannya bisa secara materi maupun non materi dan merupakan tuntutan untuk menjalankan kehidupannya tersebut.
Karena alasan itulah setiap orang harus bekerja dan mengapa remaja mengambil bisnis wirausaha, itu karena masa-masa remaja adalah waktu yang produktif untuk bekerja dan berprestasi. Selain itu kreativitasnya masih sangat banyak dan ide-ide cemerlang masih bisa berkembang dan menghasilkan sesuatu yang berguna tentunya.
Kebanyakan dari para remaja yang berwirausaha adalah mereka-mereka yang tidak melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi baik itu karena factor individu ataupun keluarga. Tapi yang jelas mereka mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

3.      Seperti apa barang yang di dagangkan untuk bisnis wirausaha di kalangan remaja?

Jawab:
Barang yang biasa di perjualkan oleh para wirausahawan remaja biasanya adalah barang-barang atau jasa yang bisa di kembangkan dan mudah untuk di lakukan.
Contohnya: Studio foto, Warnet, Warcell, Studio music, Bengkel, Distro/butik, Café dan restoran. Juga masih banyak lagi dan intinya, mengejar konsumen khususnya para remaja dan kaum pelajar yang benar-benar sangat di minati bahkan di butuhkan.









4.      Saat melakukan bisnis usaha secara berwirausaha, apa saja kendala-kendala yang di hadapi oleh para wirausahawan itu?

Jawab:
Kendala yang di hadapi saat berwirausaha sangatlah beragam. Terkadang factor pangsa pasar menjadi hal utama yang patut di waspadai. Begitu pula dengan persaingan produk lain yang tak kalah apiknya sehingga membuat konsumen lebih tertarik dan berpindah.
Selain itu, karena ini termasuk usaha individu, ketika perusahaan mengalami penurunan atau inflasi, maka si pemiliklah yang pertama mengalami penurunan dan kurangnya penghasilan yang di dapat.

5.      Bagaimana cara mengatasi kendala-kendala tersebut?

Jawab:
Untuk itu, perlu adanya keterampilan dan inovasi yang sangat berbeda dan lebih baik yang harus di ciptakan oleh para remaja sehingga tak kalah saing dengan produk lain.
Juga adanya promosi dan iklan yang harus di buat dan tepat diedarkannya supaya konsumen berminat dan tertarik untuk membeli produk yang kita jual. Sosialisasi adalah factor utama dalam promosi dan pemasangan iklan yang di buat.
Selain itu, letak bangunan perusahaan haruslah strategis dan berada di tempat yang biasa di lalui dan sangat di butuhkan oleh konsumen. Sehingga target penjualan bisa tepat sasaran.
Jadi intinya, kreativitaslah yang menjadi tuntutan yang syarat akan inovasi dan ketepatan letak geografis perusahaan yang menjadikan perusahaan mampu menjual barang produksinya memenuhi target dan tepat sasaran.

6.      Bagaimana cara meningkatkan kualitas para wirausahawan remaja sehingga mampu bersaing dan melakukan bisnis/usaha tersebut?

Jawab:
Salah satunya yakni dengan cara mengikuti pelatian. Dimana para remaja di beri petunjuk, arahan dan keterampilan tentang berwirausaha.
Lembaga tersebut bisa di dapat baik dari sekolah, private kejuruan, atau bahkan mengikuti seminar tentang berwira usaha.

7.      Untuk letak dan lokasi, dimana tempat yang sesuai untuk berwirausaha itu?

Jawab:
Tempat yang sesuai dengan pendirian perusahaan wirausaha pada dasarnya berlokasi strategis, biasa di lewati oleh masyarakat, dan berada di tengah masyarakat yang membutuhkan barang hasil produksi yang kita jual tersebut.
Bisa beralokasi tepat di pusat kota, di tempat-tempat umum, dan di daerah-daerah pinggiran yang membutuhkan barang atau jasa yang kita jual.


8.      Untuk masalah modal, dari manakah para wirausaha memperoleh modal untuk membuka usaha yang mereka kerjakan?

Jawab:
Para wirausahawan mendapat modal atas hasil jerih payahnya sendiri. Jadi itu merupakan modal individu yang kemudian di kembangkan sehingga mendapat penghasilan yang besar dan bisa mengganti modal awalnya itu.
Selain itu bisa juga atas kerjasama-kerjasama dan menyimpanan modal. Biasanya terjadi ketika perusahaan besar membuka cabang di setiap kota-kota kecil dan adanya kerja sama juga penanaman modal yang di lakukan sehingga terjadi bagi hasil antara pemilik modal tersebut.

9.      Apasaja keuntungan dari berbisnis di kalangan remaja itu?

Jawab:
Keuntungan yang di dapat dari berwirausaha khususnya yang di lakukan para remaja itu sangatlah beragam. Selain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi juga dapat membentuk individu yang mandiri dan siap bersaing.
Jadi, tidak ada alasan lagi kalau remaja saat ini tidak hanya di kenal karena kenakalannya, tetapi kenakalan remaja tersebut dapat di rubah kearah yang lebih positive yakni dengan melakukan bisnis dan berwirausaha.

10.  Bagaimana tanggapan masyarakat sekitar tentang berwirausaha yang di lakukan oleh kalangan remaja tersebut?

Jawab:
Masyarakat menilai itu merupakan hal yang benar-benar positive yang harus di lakukan oleh para remaja umumnya. Selain merupakan wadah untuk berkreativitas, juga adanya rasa tanggung jawab serta mandiri sehingga mampu bersaing dan berinovasi yang terus berkembang sehingga menjadi lebih baik lagi.
















BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN


IV. 1 Kesimpulan
            Bahwa sesungguhnya para remaja sekarang ini tidak hanya di kenal atas kenakalan dan hal-hal negative yang biasa kita dengar selama ini, tapi untuk remaja sekarang ini sudah lebih bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bernilai  positive. Salah satunya yakni dengan kegiatan berwirausaha. Dimana kreativitas mereka lebih bisa di kembangkan kea rah yang lebih baik sehingga menhasilkan inovasi-inovasi yang bisa di jadikan referensi dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat luas sehingga tercipta nilai jual yang menjadikan para remaja kompeten, mandiri dan mampu bersaing dengan apa yang mereka bisa dan mampu mereka kerjakan.
Masa remaja memang masa-masanya berproduktivitas dan berkreasi sehingga menghasilkan prestasi yang di harapkan dan di cita-citakan.































PENUTUP

            Demikianlah makalah ini kami susun, semoga atas pencapaian ini dapat bermanfaat bagi kami khususnya dan para pembaca umumnya. Dan semoga ini berbuah hasil yang baik pula, maka dari itu segala sesuatu yang berkaitan dengan penilaian kami serahkan sepenuhnya pada guru mata pelajaran Sosiologi. Sekian dan terimakasih.


Banjar,   Maret 2011
Penulis,










Tidak ada komentar:

Posting Komentar